Harga Minyak Mentah Sentuh Level Tertinggi Dampak Pasokan Berkurang

Sab, 8 Jul 2023 03:00:57am | author seraung1
Array
Harga minyak Brent berjangka naik USD 1,95 atau 2,6%, dan menetap di USD 78,47 per barel.  Harga Minyak Dunia. Foto: Freepik/Artphoto_studio
Harga minyak Brent berjangka naik USD 1,95 atau 2,6%, dan menetap di USD 78,47 per barel. Harga Minyak Dunia. Foto: Freepik/Artphoto_studio
Array

Liputan6.com, Jakarta- Harga minyak dunia naik kurang lebih 3 persen ke level teringgi dalam sembilan minggu pada perdagangan Jumat karena kekhawatiran dan pembelian teknis. Kedua sentimen tersebut mengalahkan kekhawatiran kenaikan suku bunga yang akan mengakibatkan penurunan ekonomi sehingga permintaan minyak dunia akan melemah.

Mengutip CNBC, Sabtu (8/7/2023), harga minyak Brent berjangka naik USD 1,95 atau 2,6%, dan menetap di USD 78,47 per barel. Sementara harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS naik USD 2,06 atau 2,9%, menjadi menetap di USD 73,86 per barel.

Harga yang ditorehkan pada perdagangan Jumat ini merupakan penutupan tertinggi untuk Brent sejak 1 Mei dan WTI AS sejak 24 Mei. Kedua tolok ukur tersebut berkahir naik sekitar 5% untuk minggu ini.

“Kami melihat terobosan besar ke atas. Saya pikir Anda melihat beberapa penutupan pendek di sini hari ini karena banyak orang telah bertaruh di sisi pendek, kata analis di Price Futures Group, Phil Flynn.

Setelah dua bulan harga minyak mentah konsolidasi sekitar USD 73-77, Brent pindah ke wilayah overbought secara teknis untuk pertama kalinya sejak pertengahan April.

“Reli selama seminggu terakhir ini cukup kuat dan didukung oleh momentum, serta pemangkasan baru dari Arab Saudi dan Rusia,” kata analis senior OANDA, Craig Erlam.

Keputusan Arab Saudi dan Rusia

Eksportir minyak utama Arab Saudi dan Rusia mengumumkan pengurangan produksi baru minggu ini sehingga total pengurangan oleh OPEC+, Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutunya, menjadi sekitar 5 juta barel per hari (bpd), atau sekitar 5% dari produksi global.

“Pemotongan produksi OPEC+ diperkirakan akan memperketat pasar, mendorong defisit pasokan pada paruh kedua tahun 2023, mendukung harga minyak yang lebih tinggi,” kata analis di perusahaan jasa keuangan AS Morningstar dalam sebuah catatan.

OPEC kemungkinan akan mempertahankan pandangan optimis pada pertumbuhan permintaan minyak untuk tahun depan, kata sumber yang dekat dengan OPEC.

Janji terbaru Rusia untuk mengurangi ekspor minyak tidak akan memerlukan pengurangan produksi yang serupa, kata sumber pemerintah kepada Reuters.

Perusahaan analitik minyak Vortexa mengatakan saat ini ada 10,5 juta barel minyak mentah Saudi di penyimpanan terapung di pelabuhan Ain Sukhna di Laut Merah Mesir, turun hampir setengahnya dari pertengahan Juni.

Amerika Serikat

Di AS, perusahaan energi minggu ini menambahkan rig minyak dan gas alam untuk pertama kalinya dalam 10 minggu, karena peningkatan rig gas mingguan terbesar sejak Oktober 2016, menurut perusahaan jasa energi Baker Hughes Co.

Di Norwegia, Equinor ASA menghentikan produksi di ladang minyak Oseberg East di Laut Utara karena kekurangan staf.

Di Meksiko, enam orang terluka setelah kebakaran terjadi pada Jumat pagi di anjungan lepas pantai yang dijalankan oleh perusahaan minyak negara Pemex di Teluk Meksiko.

Juga mendukung harga minyak mentah, dolar AS jatuh ke level terendah dua minggu setelah data menunjukkan pertumbuhan pekerjaan AS lebih rendah dari yang diharapkan tetapi masih cukup kuat untuk kemungkinan memimpin Federal Reserve AS (Fed) untuk melanjutkan menaikkan suku bunga akhir bulan ini seperti yang telah terjadi. memberi isyarat.

Dolar AS yang lebih lemah membuat minyak mentah lebih murah bagi pemegang mata uang lainnya, yang dapat meningkatkan permintaan minyak.

Sumber : https://www.liputan6.com/

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Hadiri Perayaan Puncak Hari Buku Nasional, Duta Baca Kaltara Kagum Dengan Bupati Malinau

seraungpost.com Malinau- Bupati Malinau Wempi W Mawa, S.E., M.H hadiri perayaan puncak Peringatan Hari Buku…

Bupati Malinau Beri Bantuan Sarana Pertanian, Berharap Bisa Meningkatkan Produktivitas

seraungpost.com Malinau- Bupati Malinau Wempi W Mawa, S.E., M.H berikan bantuan sarana prasarana pertanian kepada…

Bupati Malinau Buka Pelatihan Keterampilan Berdasarkan Kompetensi

seraungpost.com Malinau- Bupati Malinau Wempi W Mawa, S.E., M.H mengatakan di era globalisasi yang kompetitif…

Antusias Masyarakat Malinau Ikuti Jalan Santai KPU Bupati Malinau : Sukseskan Pilkada Tahun Ini

seraungpost.com Malinau – Bupati Malinau Wempi W Mawa, S.E., M.H melepas secara resmi peserta jalan…

Resmi Ditutup, Kemenpora RI Takjub Atas Penyelenggaraan Tarkam Di Malinau

seraungpost.com Malinau- Kejuaraan Antar Kampung (Tarkam) yang diselenggarakan oleh Kabupaten Malinau berjalan sukses. Bahkan mendapat…

TP PKK Malinau Raih Juara III Lomba Defile Parade Nusantara HKG PKK Ke- 52 Di Kota Solo

seraungpost.com Malinau- TP PKK Kabupaten Malinau yang mewakili Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) berhasil meraih juara…

Pemkab Malinau Komitmen Percepatan Penurunan Stunting

seraungpost.com Tanjung Selor- Pemkab Malinau melalui Bappeda dan Litbang bersama stakeholder terkait ikuti rembuk stunting…

Malinau Terpilih Sebagai Salah Satu Penyelenggara Kejuaraan Antar Kampung Kemenpora Tahun 2024

seraungpost.com Malinau- Kabupaten Malinau terpilih untuk menyelenggarakan kejuaraan Pertandingan Antar Kampung (Tarkam) dari Kementerian Pemuda…

Bupati Malinau Buka Acara Gebyar Paud

seraungpost.com Malinau- Bupati Malinau Wempi W Mawa, S.E., M.H. membuka secara resmi Gebyar PAUD “Bergerak…

HUT Desa Mentarang Baru Ke- 20, Gelar Berbagai Lomba

seraungpost.com Malinau- Bupati Malinau Wempi W Mawa, S.E., M.H hadiri pembukaan perayaan Hari Ulang Tahun…