Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Suharti di konferensi internasional bersama UIL (The UNESCO Institute for Lifelong Learning) di Bali, Selasa (4/7/2023). (Tira/Liputan6.com)
Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Suharti di konferensi internasional bersama UIL (The UNESCO Institute for Lifelong Learning) di Bali, Selasa (4/7/2023). (Tira/Liputan6.com)
Array

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Suharti mengatakan bahwa semakin tinggi tingkat pendidikan masyarakat maka semakin besar kemungkinan masyarakat tersebut mendapatkan pekerjaan formal, berpenghasilan lebih tinggi, dan jumlah minimum gaji yang bisa mereka peroleh lebih besar.

“Mereka yang tidak mengenyam bangku sekolah bahkan SMP kebanyakan bekerja di non formal,” kata Suhart dalam acara konferensi internasional bersama UIL (The UNESCO Institute for Lifelong Learning) di Bali, Selasa (4/7/2023).

Meskipun di sisi lain terjadi peningkatan terkait penyelesaian pendidikan formal, namun tetap saja masih ada batas yang menunjukkan bahwa tidak semua anak-anak menyelesaikan sekolah menengah dan universitas.

Jika dilihat dari data yang diperoleh Kemendikbudristek, peserta pendidikan secara tahunan turun selama pandemi covid-19, tetapi untungnya Pemerintah bisa mempertahankan partisipasi untuk masyarakat tidak mampu dengan memberikan bantuan sosial.

“Ini menandakan kita membutuhkan suatu sistem yang dapat memberikan pendidikan bagi mereka yang tidak dapat menyelesaikan sekolah secara normal,” ujarnya.

Disamping itu, yang penting untuk didorong adalah sebuah fleksibilitas dalam mendukung mereka yang tidak mendapatkan pendidikan layak, dengan memberikan pelatihan keterampilan khusus.

“Kita perlu memberikan dukungan kepada mereka, dalam rangka memastikan bahwa produktivitas mereka dapat bertahan atau bahkan ditingkatkan. Hal itu juga berpengaruh pada peningkatan penghasilan mereka,” ujarnya.

Beasiswa

Adapun beberapa upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan keterampilan Masyarakat Indonesia, diantaranya Pemerintah telah memberikan banyak beasiswa. Dia mencatat 20 juta siswa dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) telah menerima beasiswa, dan lebih dari 1 juta orang penerima beasiswa untuk tingkat universitas.

Namun, menurutnya mereka masih belum mampu memenuhi pendidikan karena beragam alasan. Sebagian besar mengatakan mereka tidak memiliki cukup uang untuk bersekolah, sehingga Pemerintah menyediakan pendidikan non formal dari paket A setara untuk SMP, B SMP, dan C SMA.

Di luar program kesetaraan ini, pihaknya juga memiliki lembaga pelatihan keterampilan atau kursus yang disediakan untuk semua kelompok.

Jumlah lembaga yang memberikan pelatihan kepada masyarakat meningkat dari waktu ke waktu, sehingga memastikan bahwa masyarakat yang tidak menyelesaikan pendidikannya bisa mengejar, tidak hanya dalam meningkatkan kompetensi, melainkan juga kemampuan lain.

Pendidikan Kecakapan Kerja

Dalam beberapa tahun terakhir Kemendikbud juga melaksanakan program yang disebut pelatihan kerja atau pendidikan kecakapan kerja.

“Kami berkolaborasi dengan industri untuk meningkatkan keterampilan bagi mereka yang tidak bersekolah sekolah dan pencari pekerjaan di sektor formal,” pungkasnya.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Hadiri Perayaan Puncak Hari Buku Nasional, Duta Baca Kaltara Kagum Dengan Bupati Malinau

seraungpost.com Malinau- Bupati Malinau Wempi W Mawa, S.E., M.H hadiri perayaan puncak Peringatan Hari Buku…

Bupati Malinau Beri Bantuan Sarana Pertanian, Berharap Bisa Meningkatkan Produktivitas

seraungpost.com Malinau- Bupati Malinau Wempi W Mawa, S.E., M.H berikan bantuan sarana prasarana pertanian kepada…

Bupati Malinau Buka Pelatihan Keterampilan Berdasarkan Kompetensi

seraungpost.com Malinau- Bupati Malinau Wempi W Mawa, S.E., M.H mengatakan di era globalisasi yang kompetitif…

Antusias Masyarakat Malinau Ikuti Jalan Santai KPU Bupati Malinau : Sukseskan Pilkada Tahun Ini

seraungpost.com Malinau – Bupati Malinau Wempi W Mawa, S.E., M.H melepas secara resmi peserta jalan…

Resmi Ditutup, Kemenpora RI Takjub Atas Penyelenggaraan Tarkam Di Malinau

seraungpost.com Malinau- Kejuaraan Antar Kampung (Tarkam) yang diselenggarakan oleh Kabupaten Malinau berjalan sukses. Bahkan mendapat…

TP PKK Malinau Raih Juara III Lomba Defile Parade Nusantara HKG PKK Ke- 52 Di Kota Solo

seraungpost.com Malinau- TP PKK Kabupaten Malinau yang mewakili Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) berhasil meraih juara…

Pemkab Malinau Komitmen Percepatan Penurunan Stunting

seraungpost.com Tanjung Selor- Pemkab Malinau melalui Bappeda dan Litbang bersama stakeholder terkait ikuti rembuk stunting…

Malinau Terpilih Sebagai Salah Satu Penyelenggara Kejuaraan Antar Kampung Kemenpora Tahun 2024

seraungpost.com Malinau- Kabupaten Malinau terpilih untuk menyelenggarakan kejuaraan Pertandingan Antar Kampung (Tarkam) dari Kementerian Pemuda…

Bupati Malinau Buka Acara Gebyar Paud

seraungpost.com Malinau- Bupati Malinau Wempi W Mawa, S.E., M.H. membuka secara resmi Gebyar PAUD “Bergerak…

HUT Desa Mentarang Baru Ke- 20, Gelar Berbagai Lomba

seraungpost.com Malinau- Bupati Malinau Wempi W Mawa, S.E., M.H hadiri pembukaan perayaan Hari Ulang Tahun…