Pemkab Lakukan MoU dengan ITCC

Sel, 11 Jul 2023 07:58:52am | author seraung1
Array
230709085004_photo_2023-07-09_21-47-44
Array
Surabaya- Bupati Malinau Wempi W Mawa, S.E., M.H. menandatangani Perjanjian Kerjasama dengan ITCC (Indonesia Tionghoa Culture Center) pada hari Jum’at (7/7) di Gedung Graha Pena – Jawa Pos, Surabaya Jawa Timur. Mendampingi Bupati Wempi pada acara tersebut adalah Ketua DPRD Malinau, Sekda Malinau, Asisten 3 dan Kepala Dinas PMD Malinau.
Dalam arahannya, Bupati Wempi mengharapkan dengan MoU antara kedua belah pihak, anak-anak Malinau dapat difasilitasi untuk melanjutkan pendidikan ada jenjang strata ke China ataupun Taiwan, sesuai dengan kebutuhan disiplin ilmu yang dibutuhkan oleh daerah.
“Kita memang terus berupaya membuka peluang dan mengarahkan anak-anak Malinau untuk bisa menguasai berbagai disiplin ilmu dan pengetahuan agar kelak Malinau mempunyai generasi yang siap bersaing dan mampu berdikari didaerahnya sendiri” ujar Bupati Wempi menegaskan.
MoU antara Pemda Malinau dengan ITCC yang juga memfasilitasi Program Desa Sarjana untuk mewujudkan ketersediaan SDM (Sumber Daya Manusia) unggul desa, agar potensi di desa dapat dimaksimalkan bagi peningkatan pembangunan desa dan kesejahteraan masyarakatnya, sekaligus mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada di desa.
Bupati Wempi juga menegaskan bahwa Program Desa Sarjana tidak membatasi pada kebutuhan SDM desa saja, melalui program Desa Sarjana, Pemerintah Daerah akan menyiapkan generasi terdidik dan berpengetahuan serta memiliki keterampilan yang dibutuhkan daerah untuk kedepannya.
“Kita juga menyiapkan tenaga-tenaga teknis, yang secara spesifik mumpuni untuk memenuhi tenaga-tenaga terampil pada proyek-proyek pembangunan yang ada di Malinau maupun di Kaltara” Ujar Wempi menambahkan.
Pada kegiatan MoU tersebut, Bupati Malinau juga berkesempatan bertemu dengan calon Mahasiswa dari Kabupaten Malinau yang akan diberangkatkan ke China, dan pada saat ini sedang mengikuti pembekalan Bahasa Mandarin di ITCC.
Para calon mahasiswa tersebut menjalani pembelajaran bahasa Mandarin untuk persiapan mengikuti pendidikan diberbagai jurusan pada beberapa kampus di China. Salah satu calon Mahasiswa, Cintana, asal Desa Lubak Manis, Kecamatan Malinau Utara, yang juga menjadi peserta Program Desa Sarjana tahun 2023, mengatakan sangat bersyukur karena diberikan peluang belajar keluar negeri.
“Saya sangat berterima kasih kepada Pemda Malinau karena ada Program Desa Sarjana, yang membuka ruang yang luas bagi generasi Malinau untuk meneruskan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi. Saya ambil jurusan Kedokteran, sesuai dengan kebutuhan desa, dan saya sudah terdaftar pada salah satu kampus di China. Sekarang saya sedang dibekali bahasa Inggris dan Mandarin di ITCC” ujar Cintana.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Diikuti 70 Pengelola Perpustakaan Sekolah, DPK Kaltara Gelar Workshop Akreditasi Perpustakaan

SERAUNGPOST.COM TANJUNG SELOR – Diikuti oleh puluhan pengelola perpustakaan sekolah, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK)…

BKPP Malinau Lakukan Simulasi Persiapan Jelang Pelaksanaan Tes CPNS

SERAUNGPOST.COM MALINAU — Pemerintah Daerah Kabupaten Malinau melalui Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) menggelar…

Gubernur Lepas 32 Umat Kristiani Ziarah Ke Yerusalem

SERAUNGPOST.COM TARAKAN – Gubernur Kalimantan Utara, Dr. H. Zainal A. Paliwang, S.H., M.Hum, melepas 32…

Realisasi Bansos Kaltara Dorong Pertumbuhan Ekonomi Lokal

SERAUNGPOST.COM TANJUNG SELOR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) melalui Dinas Sosial (Dinsos) terus…

Gubernur Hadiri Rakor Percepatan PI 10 Persen WK Minyak dan Gas Bumi

SERAUNGPOST.COM TARAKAN – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Dr. H. Zainal Arifin Paliwang, S.H., M.Hum menghadiri…

Komunikasi Efektif, Tingkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan

SERAUNGPOST.COM TARAKAN – RSUD dr. H. Jusuf SK terus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dengan menyelenggarakan…

Rapat Paripurna Pengucapan Sumpah Janji Anggota DPRD Kaltara Periode 2024-2029

SERAUNGPOST.COM TANJUNG SELOR – Rapat Paripurna Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Utara Masa Jabatan…

Ajak Seluruh Anggota DPRD Berkolaborasi

SERAUNGPOST.COM TANJUNG SELOR – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Utara masa jabatan…

Tingkatkan Keamanan Era Digital, DKISP Gelar Bimtek se-Kaltara

SERAUNGPOST.COM TANJUNG SELOR – Isu tentang keamanan informasi saat ini mulai digaungakan. Ancaman terhadap keamanan…

Ini Pesan Gubernur Pesan Pada Penerima Beasiswa UPA

SERAUNGPOST.COM TARAKAN – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Dr. H. Zainal A Paliwang, S.H.,M.Hum, kembali melepas…